3.10.2017

KENA CHIKUNGUNYA DI MUSIM HUJAN

Musim hujan memudahkan nyamuk untuk berkembang biak. Sebenernya bukan nyamuknya, tapi bibit penyakit yang ada ditubuh nyamuk, menjangkit satu orang ke orang lainnya.

Di komplek rumah lagi banyak tetangga yang terjangkit chikungunya, bolak balik ambulans wara wiri. Awalnya ngira ada orang yang kena penyakit apa gitu macam keadaan gawat butuh penanganan emergency sampai ambulans dateng, ternyata itu layanan dari Puskesmas. Ancung jempol buat Puskesmas yang melayani kayak gini. Karena tetangga udah banyak yang kena saya mewanti wanti orang dirumah supaya jaga kesehatan, blas dalam itungan hari ikutan kena. Haha. Emang sih beberapa hari sebelumnya waktu siang ngeliat nyamuk belang belang aedes aegepti atau aedes albopictus.

Sebenernya cantik ya nyamuk ini belang belang, tapi bawa penyakit

Baca baca gejalanya sama kayak chikungunya, ditambah info dari tetangga yang terjangkit juga sama. Mereka ke dokter di tes darah yang sampai sekarang gatau hasilnya gimana karena sampelnya dikirim ke Bandung butuh waktu. Tetangga yang kena dikasih dokter obat demam dan vitamin, karena ga ada obat khusus untuk penyakit ini. Ada yang gabisa jalan harus dipapah katanya kayak lumpuh sementara dan sakit di seluruh tubuh, eh kok ngeri..


Jujur saya ga begitu suka ke dokter, paling males kalau harus berurusan dengan dokter, pilihan terakhir. Tipe orang yang prefer self healing (fisik & batin), doa, sugesti diri, pengobatan tradisional dari alam, dan hal hal semacam itu dibanding obat dari dokter. Kurang suka minum obat obatan kalo sakit, paling banter kalo udah ga kuat minum obat generik yang umum dijual di warung, dosisnya masih tergolong rendah, kupikir masih aman buat tubuh. Ga menyarankan sih begini, kalo sakit lebih baik ke dokter biar jelas, personal preference lebih nyaman gimana ;)


Gejala Awal
Saya sendiri awalnya berasa sakit di rusuk dada sama punggung, nyeri di bagian dalam. Malemnya ga bisa tidur, badan panas tiba tiba. Bangun bangun pusing ga kuat jalan. Minum paracetamol turun panasnya sebentar, setelah itu naik lagi. Badan menggigil kedinginan, telapak tangan dan kaki dingin tapi badan panas. Saya belum pernah merasakan panas yang kayak gini sebelumnya, ga biasanya sakit merintih ini sampe merintih terus karena panas dari dalem tubuh kayak kebakar, di dalem kepala, hidung, mulut, seluruh tubuh sampe berdoa apa ini namanya azab T_T cuma bisa dzikir nyebut nama tuhan sambil dikompres air dingin agak ngurangin sakitnya.

Diobatin pakai obat penurun fever, sehari hari bener bener makan sayur ditambah vitamin, susu beruang dan air kelapa. Hari ke 3 atau 4 setelah minum teh anget langsung muntah. Alhamdulillah setelah itu kondisi membaik, tapi  sendi dan tulang masih berasa sakit. Jadi ngelakuin sedikit peregangan sekuatnya.

Bintik Merah dan Sakit sendi
Panas udah turun, pusing berangsur hilang, eh seminggu kemudian muncul bintik merah tersebar di tubuh, terutama tangan dan kaki (di muka juga huhu), esoknya ruam gatal di paha disusul bengkak bengkak di siku tangan, paha, dibawah dagu dan leher. Alhamdulillah ini berlangsung 2-3 hari. Gaenak banget kalo ditekan sakit, bikin pegel juga.

Tipsnya..
- Istirahat total, perbanyak makan dan minum air putih. makan terutama sayur hijau dan buah. Gaenak emang lidahnya, napsu juga ga ada, ditambah bawaannya mual dan eneg tapi tetep harus makan banyak.
- Minum vitamin dan mineral elektrolit supaya terhidrasi
- Minum air kelapa dan susu beruang supaya antibodi lebih kuat.
- Lakukan peregangan dan merilekskan diri.

Semoga cepat sembuh ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...