2.05.2017

TEMPAT GULUNGAN PITA DAN RENDA DIY

wadah pita dan renda supaya tidak berantakan

Siapa yang punya koleksi pita tapi pusing nyimpennya gimana?
Kemudian berakhir berantakan. wkwkwk kedengarannya guwe banget deh. Sama dong. Emang nyebelin deh kalo ga punya storage yang pas sesuai sama cara kerja bendanya. Biasa nyimpen pita dan renda di wadah biasa, cuma kok ribet ya semakin banyak jenis pita dan ukuran jadi berantakan, susah nyarinya. Belum lagi beberapa pita ga ada gulungan kertas disampingnya, jadi gampang banget lepas kemana mana. Kebanyakan pita sekarang ga ada kertas disamping sampingnya. Supaya neken biaya produksi kali ya.

Buat jualan pakainya pita yang dijual dipasaran lebih terlihat professional, cuma kalo untuk hadiah ke teman dekat atau sekedar ngasi sesuatu gitu lebih suka pita buatan sendiri dibanding beli, soalnya gampang dicustom dan ada sentuhan personalnya. Cuma tetep aja sih pas ga keburu dan lagi males ribet ya pake pita yang beli dipasaran hahaha

jenis pita dan renda
Perbedaan pita yang ga ada kertas disampingnya
Baca juga Make Your Own Ribbon

Project ini mungkin agak susah ya buat sebagian orang, soalnya saya pakai bahan utamanya kayu plywood, bisa juga dibilang triplek. Alternatif bahan lainnya adalah kardus sepatu bekas. Pilih yang kardusnya kuat untuk ditopang beban pita, kalau kardus lebih cocok tempat renda yang bebannya lebih ringan dari pita.

membuat rak penyimpanan pita sendiri

Kenapa pakai plywood?
Selain awet dan kuat menopang beban berlebih (seperti berat badanku ups), lagi demen-demennya bikin apa-apa dari jenis kayu dan triplek. Hihi. Biar seragam juga di meja nyesuain rak dan tempat organizer yang dibuat dari kayu ini.

Tunggu hasil project bermain main bersama kayu kayu ini di postingan berikutnya yaa. Semoga cepet dipublish, haha kebiasaan jelek demen banget ngendepin postingan di draft dari kapan tau, kayak postingan ini juga, barangnya udah jadi dari tahun lalu -_- asli bagian foto dan edit tulisan disini-situ yang bikin penyakit males dan butuh waktu. Makanya jahat banget ya orang yang suka copy paste apalagi ga nyantumin sumber. Tulisan kan ngga langsung keluar kayak eek. ahaha

Bahan :
1. Kayu plywood/triplek. Saya pakai tebal 1cm untuk rangka utama, 3mm untuk penyangga.
2. Lem kayu
3. Penggaris
4. Pensil
5. Cutter
6. Gergaji (manual/listrik)
7. Sumpit

Opsional :
1. Paku kecil
2. Amplas

Cara buat :
1. Form follow function-Henry Sullivan. Rencanakan ukuran tempat pita beserta letaknya. Yang saya bikin pakai sisaan kayu, jadi ukurannya ngikutin yang ada, ternyata pas sama ukuran panjang sumpit yang mau dipakai.

2. Potong sesuai ukuran. Berhubung ga dibolehin potong kayu, jadi saya tandain ukurannya aja, kayunya dipotongin si bapak. Padahal dulu pernah kok gergaji kayu manual waktu bikin prototype sayembara. Yang penting hati-hati dan tangan terlindungi. Gergaji listrik juga kayaknya ga gitu susah kalo diliat *plak

3. Amplas kayunya. Kalo saya sih skip ajalah.. Lebih baik diamplas sih biar rapi, juga sisa serabut kayu ga nempel ke tangan.

4. Ayo nge-lem (di paku juga bisa). Di lem saja udah kuat, sampai sekarang masi berdiri tegak, terimakasih cinta..

membuat tempat pita sendiri

5. Buat penyangga di sisi dalam pakai triplek 3mm, potong dengan cutter. Ini hasilnya berantakan ya seperti orangnya wkwkwkwk. Ga sabar acakadut gini untungnya triplek tipis ini kuat megang beban pita. Trial eror juga sih udah nyiapin alternatif misalnya triplek kecil itu jebol. Kirain ga kuat, ternyata kuat. Pesan moral : jangan remehkan lem kayu, apalagi diri sendiri #ahey

6. Masukan pita ke sumpit, taro sumpit di penyangga.. dicat boleh kaka.. kalo aku sih no..ahhaha

K3. Be careful !
Bikin ini memang asyik, cuma harus hati hati dengan serabut kayu. Beberapa kali bikin project pakai kayu dan triplek serabut kayu masuk ke tangan. Ada yang kelihatan, mudah diambil, ada juga yang ga kelihatan, ketahuan karena cenut cenut. Musti dicoblos jarum steril supaya gampang diambil serpihan kayunya. Sakit kan (manja). Hati hati juga ketika menggergaji manual maupun listrik, Baiknya menggunakan sarung tangan ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...