4.14.2017

ISU AGAMA, SUKU, RAS, KEBANGSAAN DAN KEBENARAN UNIVERSAL

isu sara dan politik

Its not about religion, neither race nor nationality. It is about humanity, universal language that "speaks" in every human being, lies in everyone's heart. It is sad to see that many people nowadays like or hate other people because of that things. Insulting others, hurting, killing many people, or call each other as brother and sisters--help each other just because they are in the same 'group'.

Well, religion, race, nationality thats just an identity, label, tag, cover, whatever..
They are boundaries, limitation of our true nature.
What is the point? What is the meaning?

Identity and label are seen with eyes, which is blind us from the source. The truth that lies within our soul are far more than just a bunch of identity and labelling. See with heart, not with eyes.

Bless us all :)

3.30.2017

MEDITASI DAN KONDISI MEDITATIF

meditate
Meditasi yang sering diketahui adalah 'kegiatan yang dilakukan' seperti duduk tegak dalam hening, menutup mata, berkonsentrasi, fokus, visualisasi, dsb. Saya juga berpikir demikian awalnya, lalu ketika belajar praktek meditasi, seiring perjalanannya merasakan pengalaman yang berbeda dan tidak seperti yang saya ketahui pertama kali. Sambil belajar lagi tentang ini, saya membaca tentang meditasi yang bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, di perjalanan, sewaktu berjalan, sewaktu bernapas, di kereta, mobil, dsb. Saya praktekan mulanya tidak terbiasa, seiring waktu melai terbiasa tapi belum benar benar memahami esensinya.

3.27.2017

BUKA MATA= ANIMAL CRUELTY PADA INDUSTRI PANGAN FASHION KECANTIKAN DAN SENI

dibalik industri pangan fashion kecantikan kesehatan seni
Apa itu animal cruelty?
Tidakan kekejaman terhadap hewan, termasuk tindakan kekerasan yang disengaja terhadap hewan, mengabaikan atau kegagalan memberikan kesejahteraan hewan di bawah kendali seseorang. Kekejaman terhadap hewan tidak hanya melibatkan kerusakan fisik, juga psikologis hewan dalam bentuk keresahan, siksaan atau teror -www.rspca.org.au
Bentuknya bisa bermacam macam :
  • Menyiksa atau memukuli binatang
  • Membatasi atau mengangkut hewan dengan cara yang tidak pantas
  • Membunuh binatang dengan cara tidak manusiawi
  • Gagal untuk menyediakan makanan atau air yang sesuai atau cukup
  • Gagal untuk memberikan pengobatan yang tepat untuk penyakit atau cedera
  • Gagal untuk menyediakan kondisi lingkungan hidup yang tepat

Kekejaman pada hewan tidak hanya mencakup hewan peliharaan, tetapi juga hewan di alam liar dan hewan ternak. Mungkin banyak dari kita yang belum mengetahui bagaimana industri yang menghasilkan produk yang kita makan dan gunakan selama ini, beberapa diantaranya ikut ngambil peran dalam aktivitas animal cruelty. (Peringatan :Postingan ini akan panjang dan diantaranya terselip gambar yang tidak menyenangkan)

JIKA PASUKAN JERAWAT MENYERBU

Astagfirullah, muka jadi banyak jerawat dan bekasnya. Kenapa ini? Tadinya muncul malu malu 1, 2, 3 biji. Saat bercermin berasa ngeliat sketsa doodle gadis kecil dengan bintik bintik merah di pipi *balangsendal* kupikir ga papa lah jerawatan kalo jadi cute begini, abis bergumam gitu mereka ngga malu malu lagi nunjukin kemampuan beranak pinaknya, menjadi 4, 5, 6.. lha..kok lanjut lebih dari jumlah tim pemain bola, maunya jadi wasit nyetop mereka bermain liar di wajah, apa daya mereka terus bertambah.

Kalau begini lucu kan.. huwehehe

3.21.2017

CARA MUDAH MEMBUKA VIMEO YANG DIBLOKIR

Seperti yang telah diketahui situs video vimeo sudah diblokir pemerintah sejak tahun 2014. Agak disayangkan pemblokiran website luar yang bermanfaat, seperti reddit dimana dulu saya sering dapat info untuk topik-topik yang agak jarang dibahas, terutama di forumnya. Untuk vimeo saya nggak gitu sering buka, cuma untuk nonton animasi indie, aneka short film, banyak yang bagus disini. Karena masih ada youtube dan web lainnya, jadi ya nerima aja.

Akhir akhir ini saya suka belajar online, salah satunya di situs alison.com. Ada materi yang menggunakan video, beberapa diantaranya diunggah dari vimeo. Dampaknya ketika ingin belajar subyek tertentu dengan materi video dari vimeo tidak bisa mengikuti kelasnya. Dari sini harus bisa buka blokiran supaya bisa ikut kelas. Baca juga : Belajar Bahasa Inggris tanpa belajar

3.17.2017

MEMBUAT WIFI HOTSPOT DI RUMAH, BYE INTERNET KABEL


Berlangganan ISP (Internet Service Provider) memang praktis untuk mendapatkan layanan internet setiap harinya. Paket yang ditawarkan pun beragam sesuai kebutuhan dan harga. Ada paket internet saja, ada yang termasuk tv kabel, ada juga yang paket wifi.

Seperti dirumah saya berlangganan paket internet dengan kabel. Kekurangannya adalah nggak semua anggota keluarga bisa menikmati, cuma bisa untuk satu orang, pun kabel harus dicolok ke komputer/laptop. Sedangkan sekarang apa-apa lebih praktis menggunakan smartphone, untuk percakapan biasa masih enak memakai paket internet data, tapi kalau lihat video atau dengar podcast ya lumayan nyedot kuota juga. Boros. Bisa sih ganti paket internet wifi, cuma harus sedia tambahan budget.

3.10.2017

KENA CHIKUNGUNYA DI MUSIM HUJAN

Musim hujan memudahkan nyamuk untuk berkembang biak. Sebenernya bukan nyamuknya, tapi bibit penyakit yang ada ditubuh nyamuk, menjangkit satu orang ke orang lainnya.

Di komplek rumah lagi banyak tetangga yang terjangkit chikungunya, bolak balik ambulans wara wiri. Awalnya ngira ada orang yang kena penyakit apa gitu macam keadaan gawat butuh penanganan emergency sampai ambulans dateng, ternyata itu layanan dari Puskesmas. Ancung jempol buat Puskesmas yang melayani kayak gini. Karena tetangga udah banyak yang kena saya mewanti wanti orang dirumah supaya jaga kesehatan, blas dalam itungan hari ikutan kena. Haha. Emang sih beberapa hari sebelumnya waktu siang ngeliat nyamuk belang belang aedes aegepti atau aedes albopictus.

Sebenernya cantik ya nyamuk ini belang belang, tapi bawa penyakit

2.15.2017

SERBA SERBI FOTO PRODUK CANTIK

succulent plant

Udah bukan jamannya mau foto produk atau untuk project tertentu pakai nyari-nyari spot yang bagus untuk background foto. Khususnya yang punya online shop, blog atau kebutuhan digital marketing lainnya, foto/gambar itu penting sekalih untuk memberikan informasi, branding, atau sekedar memanjakan mata pemirsanyah. Iya kalau sudah punya studio/tempat untuk pengambilan gambar (amin), alhamdulillah ga pusing kepala, jepret sana sini. Yang belum punya juga alhamdulillah dong, kalau pusing istirahat minum obat.

Entah tempat ngambil fotonya lagi di kamar yang berantakan, ntah numpang di kebon tetangga, atau di tempat remang-remang (ini ngambil foto apaan sih di tempat remang), intinya sih yang tempatnya terlihat "tidak ada harapan" masih bisa diakalin, hasilnya bisa nyerempet dikiiit kayak yang pro (maunya sih gitu). Begitulah fenomena media sosial dan internet banyak settingan, drama dan kepalsuan, termasuk yang baca blog ini. Cintamu palsu, bye.

Baca juga : Bikin alas foto dari triplek bekas

Sah-sah aja kok kalau seneng ama sesuatu hal ngelakuin sebisa mungkin walopun skill belum sebanding dan alat masi apa adanya. Bukan berarti foto harus apa adanya di ruang temaram, kan kepingin hasilnya bagus, menimbulkan perasaan senang. Dan lagi seperti yang sudah disebut diatas, penting untuk informasi dan branding. Lakuin dari hati ditabur bumbu cinta, yang penting enjoy. Mari kita nge-hack salah satunya ngambil foto sambil guling-gulingan gelongsoran buat cari angle yang cakep hahaha seru.

fotografi tips


Lighting
OOT dikit, orang desain bangunan yang terlibat di digital rendering interior, salah satu aspek penting pada setting lighting, soalnya efeknya bisa jauh berbeda, secara visual maupun efek psikologis. Bener kualitas cahaya itu ngefek banget sama hasil foto, keliatan bedanya hasil foto yang cahayanya bagus dan enggak.. Bertebaran cara membuat "studio mini" foto dengan lighting yang disetting sedemikian rupa sehingga ga perlu gelagapan lagi memburu cahaya alami nyesuain cuaca. Mau pagi siang sore malem hayuk kapan aja siap melayani(?) ehm, maksudnya kapan aja fotonya ga bergantung cuaca, cahaya matahari dan ga diburu waktu pastinya. Asik ya..



Kepengen juga bikin studio mini, derita ngandelin cahaya alami yang ga menentu kadarnya, kadang mendung kadang cerah atau paduan keduanya seperti perasaan hati. 

Tentang shadow
Shadow ada yang memang tepat dan justru membuat kontras yang bagus, ada juga yang mengganggu dan malah merusak suasana. Memakai cahaya alami minusnya ada shadow yang mengganggu. Soalnya cahaya alami dateng dari 1 arah, sering ngebuat shadow, apalagi intensitasnya kalo terlalu kuat shadow juga semakin jelas.

Ngakalin bayangan pakai strerofoam putih, alumunium foil, kain atau kertas putih yang ditaroh disekitar bayangan. Fungsinya mantulin cahaya, lumayan jadi ga terlalu kontras bayangannya. Enaknya punya studio mini, cahaya dateng ga hanya dari 1 arah, nyebar ke seluruh permukaan obyek jadi ngga ada bayangan


Background
Photography background foreground middleground

Sebenernya ada yang namanya background, middleground dan foreground dalam fotografi. Tapi disini bahas background untuk foto produk pada umumnya. Background, alas foto jadi senjata pencipta mood yang berbeda sesuai tema. Makanya ga heran banyak orang yang menawarkan alas foto, salah satu tools yang membantu mewujudkan gambar yang bagus, paling nggak ya ngga bikin mata orang perih. Begitupun siapa yang ga tergiur sama alas foto yang aduhai menawan. Motif kayu rustic, marble elegan, hingga motif-motif yang menyeruak padat, ramai bagai pasar kaget banyak beredar.

alas foto kayu warna putih

Baca juga : Alternatif bahan untuk background/alas foto

Kamera dan tools pendukung
Kamera dan tools mempengaruhi kualitas, walopun ada kata-kata "The man behind the gun", hasil jepretan lensa 5 juta sama lensa 20 juta jelas beda ya.. Tapi berkat kemajuan teknologi, lensa yang terjangkau harganya juga cukup bagus, bahkan smartphone pun ga kalah bagus sama kamera pro. Smartphone temen aja lebih jernih warnanya dan jelas dibanding kameraku.. #curcol. Tools pendukung lain yang membantu kayak tripod, reflektor, diffuser dan software editing foto. Pengen rasanya punya tools-tools itu supaya memudahkan, kapan yaa punya hihi

alat alat dalam fotografi

Dekorasi dan pemanis
Foto dengan background yang polos punya keuntungan fokus ke produk, tapi ga salah juga foto produk yang ada pelengkapnya/penerapannya, misalnya produk alat makan, lebih cantik dan informatif jika ada makanannya juga, supaya fungsinya juga terlihat. Asal jangan terlalu dominan ke makanannya, hilang fokus ntar kirain food photography hahha. Objek utama yang berbau gift bisa ditambahkan pemanis pita-pita atau lainnya yang mendongkrak produk yang ingin ditonjolkan.

bantal lukis hewan custom handmade
Memanfaatkan hal-hal disekitar untuk pelengkap 
Baca juga : Icrafting Handmade

Saya belum tahu banyak tentang fotografi dan tekniknya, masi banyak belajar, jadi membahasnya secara general dan yang diketahui aja, kalau ada yang ingin menambahkan, berbagi cerita tentang tips trik lain yang dipakai untuk mempercantik foto silakan tulis di kolom kometar ya~

2.13.2017

CERITA CERITA TENTANG ENYAH


Yang dia tahu cukup dengan santainya melakukan hal hal yang disuka, si naif kecil yang mengikuti kata kata hatinya. Merasakan teguk, tetes demi tetes kecil dari luasnya samudera kehidupan. Tumbuh di dunia penuh keragaman yang juga diseragami. Diajarkan pula oleh dunia akan hidangan-hidangan utama.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...